Skip to content

Kloning Gen

2 Februari 2009

www.edumedia-sciences.com)

Kloning Gen (Sumber : http://www.edumedia-sciences.com)

Kita sekarang hidup di era revolusi teknologi. Melalui Biologi molekuler perkembangan ilmu pengetahuan khususnya di bidang science mengalami revolusi yang sangat pesat.

Kloning gen merupakan suatu terobosan baru untuk mendapatkan sebuah gen yang mungkin sangat dibutuhkan bagi kehidupan manusia. Kloning gen meliputi serangkaian proses isolasi fragmen DNA spesifik dari genom suatu organisme, penentuan sekuen DNA, pembentukan molekul DNA rekombinan, dan ekspresi gen target dalam sel inang.

Penentuan sekuen DNA melalui sekuensing bertujuan untuk memastikan fragmen DNA yang kita isolasi adalah gen target sesuai dengan kehendak kita. Gen target yang kita peroleh selanjutnya kita klon dalam sebuah vektor (plasmid, phage atau cosmid) melalui teknologi DNA rekombinan yang selanjutnya membentuk molekul DNA rekombinan. DNA rekombinan yang dihasilkan kemudian ditransformasi ke dalam sel inang (biasanya sel bakteri, misalnya strain E. coli) untuk diproduksi lebih banyak. Gen-Gen target yang ada di dalam sel inang jika diekspresikan akan mengahsilkan produk gen yang kita inginkan.

tainano.com)

Kloning Gen (http//:tainano.com)

Aplikasi kloning gen yang sudah pernah kita dengar adalah produksi insulin dengan pendekatan kloning gen. Fragmen DNA spesifik penyandi insulin kita isolasi dan diklon dalam suatu vektor  membentuk DNA rekombinan yang selanjutnya produksi insulin dilakukan di dalam sel inang bakteri E. coli.

21 Komentar leave one →
  1. 5 Februari 2009 06:27

    Kalau saya dikloning gimana jadinya ya?

  2. 5 Februari 2009 23:15

    @Bung Jose

    hal itu adalah mungkin untuk dilakukan. Sudah banyak informasi tentang Kloning manusia.

    dari sel somatis apapun yang bung jos punya, bisa dari rambut, daging, kulit yang penting sel yang memliki inti diploid (2n), yang nantinya inti sel tersebut dipindah ke sel telur yang sudah dikeluarkan inti haploidnya (n). terus sel telur hasil modifikasi ini ditanam di rahim seorang ibu. hasilnya lahir seorang anak mirip persis bung Jose.

    Informasi selengkapnya akan saya terbitkan tentang Kloning Manusia beserta Pro dan Kontranya.
    thanks atas inspirasinya

    salam hangat

  3. 14 Februari 2009 08:38

    Kalau begitu ceritanya orang sejenis gue bisa dilestarikan dong sampai ke akhir zaman.

    @Josenetmail
    walaupun itu mungkin dilakukan, tapi sehebat apapun ciptaan manusia masih banyak kekurangan. artinya, tidak ada satupun didunia ini yang menyamai kesempurnaan Allah dalam menciptakan Makhluknya.
    Dan untuk kloning manusia juga masih banyak kontrofersinya, pelaksanaan kloning manusia hanya sampai pada kebutuhan ilmu pengetahuan. Dalam Ilmu Biologi ada semacam kode etik, dikenal dengan ilmu Bioetika (Bioethics)

    salam
    Farid

  4. emon permalink
    4 Maret 2009 13:50

    alahhh fahmi mbok kloninganmu

    @emon
    iya ya….ups, jangan bilang-bilang nanti pengunjung pada kaget

    salam
    farid

  5. Tegariana Puteri Q permalink
    29 Mei 2009 13:50

    Assalamu’alaikum w w Kakak Q
    Gimana kabar, nie? dah lulus kan?
    Oya, ta ambil ya materinya. pas bgd nih, tentang kloning.

    ow yah, seneng bgd ya, mas farid punya TIM pecinta biomol yang kompak alias “TIM ODONK”.
    Ehmmm…mudah2an ntar aku juga bisa bentuk tim yang solid dan kreative plus disiplin. amiiiinnn.

    (I promiss I’ll take participate in A Great Biomolecular Research Team, someday!!)

    Wa’alaikumsalam
    alhamdulillah sudah. sok aja atuh diambil mudah-mudahan bermanfaat…
    jangan lupa kasih saran..

    SEMANGAT!!!!!
    Keep Spirit!!!

  6. Wawan Nuryono permalink
    8 Juni 2009 10:16

    Asslamu’alaikum. mas, salam kenal ya…..
    oy, ta’ ambil yaa materi tentang kloningnya….
    coz nich pas banget ama materi q di kul….
    n trim banget yaaa……
    mas klo bisa materinya ditambah lebih banyak biar lebih lengkap n lebih jelas…. hehehe, sry ya

    @wawan
    terima kasih juga sudah berkunjung
    semoga bermanfaat
    mudah-mudahan blog ini akan terus berkembang

  7. 7 September 2009 01:04

    hatur tengkiu ilmunya

    http://qarrobin.wordpress.com/2009/07/26/diagram-ciphre-from-harut-marut/

    @qarrobin
    semoga bermanfaat. salam kenal…..
    jangan lupa isi buku tamu.
    thanks

  8. 10 September 2009 15:54

    Semoga informasinya bermanfaat. Konon, meskipun proses kloningnya berhsil namun usia mahluk hsl kloning tsb ikut usia materi asalnya, btul ga ya….?

    @pengelolaan keuangan
    betul sekali,
    organisme hasil kloning (klon) memang usianya relatif lebih pendek dari pada organisme induknya. hal in dikarenakan sel-sel penyusun tubuh organisme klon pada dasarnya melanjutkan instruksi kehidupan sel somatis yang berasal dari organisme induk.

  9. Adi Kurniawan permalink
    16 Oktober 2009 00:54

    Ass…
    Pa Kbr Mas…Mkch Ya Udah Bwt Suatu Karya Yg Bermanfaat Wat Org lain…Teruskan Yah. Tmbh Lgie Materi N Tulisannya Mas…Jgn Pernah Berhenti Berbuat Hal Positif Yah….Cayo Kk Quu…^_^

    @adi
    wass…..thanks di atas dukunganya….
    kamu juga ya… yang semangat!!!

  10. 22 Oktober 2009 04:11

    Assalamuálikum,
    Farid mantap, gmana kabarnya nih?
    kapan ke serpong?

    Salam

    Pren. Rosid

    @bang Rosid
    Wa’alaikumsalam
    terima kasih sudah berkunjung sid…..
    salam

  11. Destiroi Rohana permalink
    4 Desember 2009 10:44

    informasinya kurang lengkap pa .. pasti jadi lebih bagus deh pa kalau lebih diperjelas, soalnya susah cari info ttg kloning.. saya juga di sekolah disuruh cari tugas tentang kloning.. thx..

    @destiroi
    tulisan kloning ini berkaiatan dengan bioteknologi khususnya ruang lingkup rekayasa genetika, dimana digunakan teknik penyisipan gen untuk mendapatkan produk yang kita inginkan. maka dari itu saya tulis untuk judulnya adalah kloning gen.

  12. 8 Februari 2010 12:43

    kalau kloning ama hewan sih,,,,,,,
    no promlem……
    kalau sama manusia jangan deh,
    cause in islamic dont do it,,,,,,,
    because we get dosa…….
    I hope kloning do it in plant and animal not human ok,,,,
    good luck.
    semoga teknologi kita makin berkembang dan makin canggih,,,,,,
    ok,,,,,,,,
    byebyebyebye

    @devi
    kloning manusia memang masih menjadi kontroversi, terutama dari sudut pandang science dan sudut pandang agama.
    mari kita kembangakan teknologi kita untuk kemajuan umat manusia, baik dari segi agam maupun dari segi science.
    salam

  13. janar kisah permalink
    13 Februari 2010 12:01

    kalo yang ini saya sudah paham,,,,
    kalo yang kloning sel-sel reproduksi gimana? saya masih belum paham…!

  14. TRI ANGGONOWATI permalink
    15 Februari 2010 01:38

    kalau ada yang denagn media flas lebih enak nich ngajarnya…

    @tri
    silahkan anda kunjungi page Bioanimation, sealnjutnya klik Flash atau LinkDownload.

  15. 23 Februari 2010 05:14

    makasih buat infonya. . .
    aku jdi dpet tugas dri guruku. . .
    thx

    @gerry
    terima kasih juga sudah berkunjung
    semoga bermanfaat
    salam

  16. 3 Januari 2011 02:47

    Terimakasih. .
    ALhamduLiLLah, bermanFaat utk bLajar UAS. .

  17. Thamrin Hidayat permalink
    9 Februari 2011 12:51

    saya kepingin hidup berdampingan dengan istriku tercinta hingga 1000 tahun lagi. angan-angan saya. Saya akan membuat perjanjian kalau udah mati nanti baik saya dan istri saya mohon dikloning dan kelahiran saya didampingkan keduanya dan tunjukkan perjanjian bahwa saya dan istri saya yang sudh lahir lagi harus nikah. kalau lihat foto yang lalu maka saya dan istri saya pasangan baru seperti yang lalu. Perjanjian ini dibuat hingga 15 kali . Dengaan demkian pasangan sayaa dengan istri saya hidup berdampingan 1000 tahun. asik juga ya fotonya bermcam-macam tapi wkt yang berbeda.

  18. 25 Maret 2011 16:39

    assalamualaikum,,,
    terima kasih buat semua infonya yang bermanfaat bagi pengetahuan,,,
    wassalamualaiku,,,,,,

  19. Ries Tya permalink
    4 Maret 2012 21:51

    Makasih ya….

  20. 1 Oktober 2012 20:39

    Kalo Misalnya 1 DNA Kloning, Substansi yang ada masih dapat berjalan tanpa adanya Tilin ?

Trackbacks

  1. Diferensiasi Konsep Kloning Gen Manusia dalam Aspek Genetika dan Aspek Hukum Islam « Pondok Ilmu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: