Skip to content

Probiotik

20 Januari 2009

Muhammad Aqif bin Azizan)

Probiotik (Sumber : Muhammad Aqif bin Azizan)

Probiotik adalah bakteri non-patogenik yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Bakteri ini biasanya berhabitat di saluran usus. Sedangkan Prebiotik adalah suatu bahan yang ditambahkan ke dalam tubuh manusia yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh bakteri Probiotik yang ada di dalam tubuh manusia sehingga dapat menjalankan peranannya dalam menyehatkan tubuh.  Mayoritas prebiotik adalah oligosakarida, yaitu unsur yang sukar dicerna oleh sistem pencernaan kita, yang dapat meningkatkan multiplikasi, pertumbuhan dan kemanjuran strain dari bakteri probiotik dalam usus besar.

Sekarang ini, beberapa strain dari bakteri probiotik telah dikenal, tetapi pemanfaatan mereka terbatas oleh fakta bahwa suatu probiotik diharapkan efektif dalam proses yang mendekati pH asam perut dan bisa tertahan dalam pencernaan yang terdapat empedu dan pankreas yang akhirnya dapat tinggal di permukaan beberapa sel di dalam dinding usus. Masa hidup bakteri probiotik biasanya relatif pendek/singkat, berkisar antara beberapa hari sampai beberapa minggu dan pada umumnya cukup untuk suatu jangka waktu pendek mengikuti alur teratur.

Kolonisasi probiotik di dalam tubuh bersaing dengan kolonisasi mikroorganisme lain untuk pemanfaatan nutrisi dan menempel pada lokasi yang cocok. Hanya probiotik yang mampu berkoloni sekalipun hanya untuk sementara, namun dapat menggunakan pengaruh imunologi yang diperlukan.

Kemanjuran strain probiotik in vitro yang terkenal telah dibuktikan dalam praktek klinis. Strain yang paling banyak digunakan adalah diambil dari produk susu asam, kemudian dilihat pengaruhnya terhadap sistem usus. Paling sering jenis yang dipelajari meliputi berbagai jenis Lactobacilli, Streptococcus, Thermophilus, Bifidobacteria, Saccharomyces boulardii, tetapi di bawah kondisi-kondisi tertentu lain strain di dalam mikroflora usus, seperti Escherichia coli (E. coli) dapat juga digunakan sebagai probiotik.

2 Komentar leave one →
  1. agung permalink
    21 Januari 2009 06:20

    oke sama-sama , semoga bisa membantu yaaa….
    kaloo mau minta tips , kirim comment aja ntar aq bantu , tapi sebisa aq ajaa yaaa…lam kenall agung
    http://agung43150.wordpress.com

  2. 23 Januari 2009 13:19

    tenag aja……..

    ane pasti sering mampir
    ente juga ya…..

    salam kenal, farid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: