Skip to content

Virus

7 September 2009

Bacteriphage (Sumber: library.thinkquest.org)

Bacteriphage (Sumber: mcat45.com)

Virus merupakan metaorganisme, yaitu organisme peralihan antara benda hidup dan benda mati. Virus dikatakan benda hidup karena dapat mengandakan diri atau memperbanyak diri ketika di dalam suatu sel inang. Kemampuan menggandakan diri (replikasi) di dalam sel inang ini disebabkan virus memiliki materi genetik, yaitu DNA atau RNA. Semua virus adalah parasit obligat intraseluler. Artinya, virus hanya mampu hidup di dalam sel atau jaringan makhluk hidup lain. Ketika suatu virus berada di luar sel, virus hanyalah sebatas materi yang tidak berdaya yang tidak dapat melakukan fungsi kehidupan. Selain itu virus juga dapat dikristalkan.

Adolf Meyer (Sumber: dihancollege.blogspot.com)

Adolf Meyer (Sumber: dihancollege.blogspot.com)

Virus pertama kali ditemukan pada tahun 1882 oleh A. Meyer. Penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut adalah adanya bintik-bintik kekuningan pada daun tembakau. Dia melakukan percobaan sederhana berupa ekstraksi tanaman tembakau yang sakit dan mengambil getah dari ekstrak tersebut untuk disemprotkan ke daun tembakau yang sehat. Hasil percobaan menunjukkan bahwa daun tembakau yang semula sehat menjadi sakit (memiliki bintik-bintik kuning di seluruh permukaan daun). Artinya ada sesuatu yang dipindahkan dari tembakau yang sakit ke tembakau yang sehat yang merupakan agen penyakit dari binti-bintik kekuningan pada daun tembakau.

Penyakit Bintik-bintik Kuning Daun Tembakau (Sumber:www.en.cigarclan.com)

Penyakit Bintik-bintik Kuning Daun Tembakau (Sumber:www.en.cigarclan.com)

Selanjutnya di tahun 1892, Dimitri Ivanowsky (rusia) melanjutkan percobaan Meyer dengan cara menyaring getah tanaman tembakau yang sakit dengan penyaring bakteri. Hasil saringan tersebut dioleskan pada tanaman tembakau yang sehat. Ternyata tanaman tembakau yang sehat berubah menjadi sakit. Artinya penyakit bintik-bintik kekuningan masih dapat berpindah ke tanaman tembakau yang sehat walaupun sudah disaring dengan penyaring bakteri. Hasil ini juga menunjukkan bahwa agen penyakit tersebut bukanlah bakteri, tetapi sesuatu oragnisme lain yang ukurannya lebih kecil dari bakteri.

Tahun 1897, M. Beijerink menemukan fakta bahwa organism penyerang tembakau memiliki sifat dapat bereproduksi pada tanaman yang ditumpanginya (tumbuhan inang), tidak dapat dibiakkan pada medium pertumbuhan bakteri dan tidak mati oleh alkohol. Penemuan ini memperkuat bahwa organisme penyebab penyakit bintikbintik kekuningan pada tembakau bukanlah bakteri. Wendell Stanley seorang kelahiran Amerika (1935) berhasil mengkristalkan makhluk yang menyerang tanaman tembakau dan selanjutnya dinamakan TMV (Tobaco Mosaic Virus).

Tobacco Mozaic Virus (sumber: www.britannica.com)

Tobacco Mozaic Virus (sumber: http://www.britannica.com)

Virus berbeda dengan organism kecil lainya, termasuk dengan bakteri. Virus memiliki ciri-ciri khusus seperti : (1) tidak dapat dilihat atau diamati dengan mikroskop cahaya; (2) merupakan organisme aseluler, artinya tidak memiliki struktur internal seluler; (3) memiliki asam nukleat berupa DNA atau RNA; (4) tidak mampu menggandakan diri tanpa menumpangi sel inang yang tepat; dan (5) tidak mampu melakukan metabolisme.

Struktur virus

Pada umumnya virus memiliki asam nukleat yang dilindungi oleh lapisan protein yang disebut capsid. Gabungan struktur asam nukleeat dengan capsid dinamakan nucleocapsid. Virus memiliki ukuran lebih kecil dari bakteri (2-20 milimikron).

Virus yang sering dikenal adalah virus yang menyerang bakteri (disebut bakteriofage) yang memilki struktur virus bentuk T. virus bakterofage memiliki struktur kepala dan ekor. Virus ini memiliki asam nukleat berupa DNA yang diketahui mengandung lebih dari 100 gen yang tersimpan dalam struktur kepala virus (capsid isohedral).

Struktur Bakteriofage (Sumber: answers.com)

Struktur Bakteriofage (Sumber: answers.com)

Perkembangbiakan virus

Virus selama hidupnya di dalam organisme inang mengalami dua macam daur hidup, yaitu daur litik dan daur lisogenik. Daur hidup litik terdiri dari fase adsorbsi (penempelan), fase infeksi (penetrasi), fase replikasi (sintesis), fase perakitan dan fase lisis (pembebasan virus baru). Sedangkan daur hidup lisogenik terdiri dari fase adsorbsi (penempelan), fase infeksi (penetrasi), fase pengabungan dan fase pembelahan.

Daur Hidup Virus (Sumber: www.coryvannote.com)

Daur Hidup Virus (Sumber: http://www.coryvannote.com)

Fase Adsorbsi

Virus (bakteriofage) dalam fase ini mulai melekatkan diri dengan organisme inang (bakteri Escherichia coli) pada bagian permukaan sel bakteri. Alat yang digunakan oleh virus untuk melakukan perlekatan adalah serabut ekor yang ada di bagian dekat struktur ekor. Virus harus mengenali reseptor virus pada permukaan sel bakteri sebelum melakuan perlekatan.

Fase Infeksi (Penetrasi)

Fase infeksi merupakan fase yang melibatkan pemasukan materi genetik virus (asam nukleat) ke dalam sel organisme inang. Asam nukleat (molekul DNA atau RNA) dimasukkan ke dalam sel dan akan melakukan tugasnya sebagai blue print kehidupan virus. Setelah asam nukleat masuk ke dalam sitoplasma sel, tahap selanjutnya ditentukan apakah masuk ke dalam siklus litik atau siklus lisogenik. Apabila virus masuk ke dalam siklus litik maka tahapan selanjutnya berturut-turut adalah replikasi, perakitan dan lisis sel bakteri. Tetapi jika virus masuk ke dalam siklus lisogenik maka tahapan selanjutnya adalah pengabungan kedua macam asam nukleat (miliki virus dan milik sel inang), dan fase pembelahan.

Fase Replikasi (sintesis)

Molekul DNA Virus dalam fase ini memulai fungsinya sebagai materi genetik, yaitu mensintesis protein yang berhubungan dengan struktur dan enzim virus. Struktur virus pada fase ini mulai dibentuk, seperti struktur capsid, ekor dan serabut ekor.

Fase Perakitan

Struktur tubuh virus setelah disintesis mulai dirakit menjadi struktur virus yang utuh sebagai virus-virus baru. Setiap virus hasil perakitan memiliki struktur lengkap seperti virus pada umunya (memiliki capsid, ekor dan serabut ekor).

Fase lisis

Virus-virus baru yang telah matang dan telah sempurna bentuk dan strukturnya akan keluar dari sel inang. Proses keluarnya virus-virus baru dengan cara merusak struktur sel (lisis) sehingga sel innag pecah dan virus-virus dapat keluar dari sel. virus-virus yang baru ini siap untuk menginfeksi sel inang lain.

Fase Penggabungan

Fase penggabungan dapat dialami oleh virus ketika memasuki siklus hidup lisogenik. Setelah asam nukleat virus berhasil dimasukkan ke dalam oragnisme inang, selanjutnya asama nuklaet tersebut bergabung dengan DNA Kromosom organisme inang, dalam hal ini DNA Kromosom bakteri. Penggabungan materi genetik ini bertujuan untuk menitipkan DNA atau RNA virus ke DNA Kromosom untuk selanjutnya ikut digandakan saat proses pembelahan sel. DNA Kromosom bakteri adalah DNA yang memiliki informasi genetik bakteri termasuk salah satunya adalah informasi perintah untuk melakukan pembelahan sel.

Fase pembelahan

Virus pada fase ini akan memanfaatkan proses pembelahan sel bakteri untuk penggandaan materi genetiknya yang sudah bergabung dengan DNA Kromosom. Jika satu sel bakteri membelah menjadi dua bakteri (saat pembelahan biner), maka akan didapat dua sel bakteri yang masing-masing di dalamnya terdapat DNA virus. Begitu juga seterusnya, dari dua sel bakteri tersebut akan tersu mengalami pembelahan dan jumlah DNA virus yang dihasilkan adalah sebanding dengan jumlah sel bakteri hasil pembelahan. Jika jumlah DNA virus yang dibutuhkan sudah cukup, DNA virus akan memisahkan kembali dan virus akan masuk ke daur litik melalui fase sintesis (replikasi).

Daur Litik (Sumber :coryvannote.com)

Daur Litik (Sumber :coryvannote.com)

Daur Lisogenik (Sumber: coryvannote.com)

Daur Lisogenik (Sumber: coryvannote.com)

Berikut ini saya tambahkan video animasi dari youtube seiring dengan banyaknya pertanyaan tentang siklus virus, baik untuk lisogenik maupun litik.

About these ads
53 Komentar leave one →
  1. Adi Kurniawan permalink
    8 September 2009 13:55

    Wah Keren Mas…Lebih Banyak Lagie Yah Mas Artikel Tntng Scientnya…Gud Luck Yua….^_^

    @adi
    oke bos…..jangn lupa sering mampir…
    boleh kok request sesuatu tentang biologi
    thanks

  2. 9 September 2009 04:12

    menarik sekali informasinya.
    boleh dong dibuatin postingan mengenai sel punca :D
    makasih.

    @rina
    alhamdulillah kalau bermanfaat,,,,,,,
    oke….ditunggu ya……
    thanks

  3. irwan permalink
    12 September 2009 23:56

    tolong bantu pr biologiq donk,
    tentang macam-macam virus, pencegahan dan pengobatan !!!
    oc !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    (dalam tabel)

  4. Anggie permalink
    24 September 2009 16:45

    hmm,,jadii intinyaa siklus litik itu apa..??
    dan siklus lisogenik ituu apa..??
    dan masih binguung nih,,
    apaa di siklus lisogenik yg terakhir yg nomer 5,,
    yg DNA nyaa udah misahin dirii,,itu berkelanjutaan ke pembelaahan lagii kaya di siklus litik yg nomer 3…??
    thx before..

    @anggie
    siklus litik adalah siklus reproduksi virus yang diakhir dengan proses lisis sel bakteri inang.
    sedangakan siklus lisogenika adalah siklus reproduksi virus yang tidak disertai lisis sel inang

    nomer 5 adalah sel bakteri hasil pembelahan (perbanyakan) sel bakteri yang didlamnya sudah terintegrasi DNA virus (4). Hasil pembelahan tersebut dapat masuk ke tahapan siklus litik atau terus mengalami pembelahan. jika masuk ke siklus litik, DNA virus akan memisahkan dengan DNA bakteri inang (2), dan kemudian mulai tahapan replikasi, perakitan (3) dan lisis sel (4) (pada gambar siklus litik). namun jika sel tahapan masih pada siklus lisogenik, sel bakteri inang (5) akan terus mengalami pembelahan sel (4).

  5. RAYQUAZZA permalink
    25 September 2009 22:48

    THX bgt dah…. N LbH bnyk lagi ya mas plisss

    @rayquazza
    sama-sama….
    sering mampir ya…

  6. radear permalink
    26 September 2009 04:14

    ini sangat bagus skl

    tlg krm ponstingny ke fb gue

    plleeeeaaassssss

    @radear
    sudah saya kirim
    salam

  7. Tantri permalink
    26 September 2009 05:51

    Bantu aku donk.Aku dapat tugas untuk mencari tentang struktur litik dan lisogenik pada virus…

  8. Acy permalink
    29 September 2009 10:27

    Mnta macam2 virus ma gambarnya dong . Pr nih huh . Cepet bales yah hehe

    @acy
    ditunggu ya….

  9. Tantri permalink
    30 September 2009 08:29

    Thank’s for your answer.You have help me to do my homework.
    Thank you so much….

    @tantri
    thanks for you comment.
    and don’t forget this blog.

  10. dewi permalink
    5 Oktober 2009 10:13

    aq lg ngerjain pr ttg virus…
    tlng y..
    ngejelasin semua detail ttg virus….

    sebelumny makasih

  11. dewi permalink
    5 Oktober 2009 10:15

    makasiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih bgt klu bs cpt bikin ny……………………..

  12. SoNia Aoi permalink
    10 Oktober 2009 03:05

    it’s a good info….
    i like it so much.. =)

    @Sonia
    thanks, =)
    salam

  13. RAHMAT SJ permalink
    10 Oktober 2009 09:40

    Tolong berikan saya link-link mengenai dunia virologi

  14. dani permalink
    11 Oktober 2009 09:16

    mantap cuy!!!!!!!!!!1
    banyakin lagi dunk

    @dani
    thanks atas kunjungannya
    salam

  15. rianiraya coronata permalink
    29 Oktober 2009 07:29

    minggu depan aq diSuRUh DEFINIsiKan siklus lisogenik dan siklus litik gaswat klw ndk bs d/cubet sama gr gatelllllllllllll ihhhhhhhh……… geriiiiiiiii

    @rianiraya
    semoga dapat membantu….
    salam

  16. 30 Oktober 2009 16:38

    GOOg ngetez my blog

  17. ary permalink
    2 November 2009 13:50

    penjelasannya bagus tapi mohon sejarah adanya virus itu diperjelas mungkin, sedetail-detailnya mungkin agar kami bisa lebih mengetahui….thanx yach???

    @ary
    ditunggu ya…. :-)

  18. maria desi permalink
    9 November 2009 11:26

    kekko-kekko penjelasannya kekko but kayaknya bakalan tambah bagus klo ditambah ama gambar gerak terjadinya lytic cycle n lysogenic cycle nya.Ganbatte kudasai yaaaaaaaa………………

    @maria
    sudah saya tambahkan video dari youtube.
    salam

  19. Iftitah permalink
    10 November 2009 07:51

    kakak, saya dapat tugas tentang semua yang berhubungan dengan mozaik virus…

    sementara info yang bisa saya kumpul hanya sedikit.
    kira-kira selain yang ada di atas, materi apa lagi yang berhubungan dengan mozaik virus?|??

    @iftitah
    ditunggu ya…..
    saya usahakan bantu
    salam

  20. vinda permalink
    10 November 2009 08:49

    wowwwwwwwwww kkkkkkkkeeeeeeeerrrrrrrrreeeennnnnnnnn

    @vinda
    terima kasih…..
    semoga dapat bermanfaat.
    salam

  21. amam malik permalink
    10 November 2009 13:32

    Trims ya,tugasku sedikit terbantu.kl bisa lebih details tentang virus, yaitu pertumbuhannya dan pencegahanya. ta tunggu

    @amam
    terima kasih juga sudah berkunjung.
    saya usahakan. ditunggu ya…
    salam

  22. anita permalink
    13 November 2009 09:33

    gimana sih cara ngehapal semua tentang biologi itu. secara geto, banyak bgt

  23. erna sahyo permalink
    13 November 2009 09:36

    q dkt kbantu buat nyari tgasku. mkasih bgt ya…. apalagi gr2 stus ne aku kbantu d skulah. nag2 santo yoseph lintong

    @ERNA
    terima kasih atas kunujungannya….
    jangan lupa si buku tamu ya… (BioGuest)

  24. anita dcaxysta nababan permalink
    13 November 2009 09:38

    trims ya….aku kbantu bgt ngerjain tgas2 biologkuhhhh

    @anita
    terima kasih atas kunujungannya….
    jangan lupa si buku tamu ya… (BioGuest)

  25. dhian permalink
    14 November 2009 13:56

    Infonya siiippp banget,,,so, tgs2ku tentang virus bisa terjawab semua. Thanks for your help !!! Mmm,,,kalau bisa, mohon posting info lagi tentang protista mirip hewan sedetail mungkin ya…………!!! :-)

    @dhian
    ditunggu ya…
    salam

  26. 11 Desember 2009 13:56

    mazz.. cara nya bikin kotak comentar…??? yang pake nama, email, website.,., tu gmn ya mazzz???

  27. 12 Desember 2009 13:41

    ADA DI PENGATURAN (SETTING)

  28. eko permalink
    12 April 2010 05:19

    mas kalau bisa tambah sistem pencernaan pada manusia, sekalian animasinya, karna q kesulitan untuk itu

    @eko
    silahkan kunjungi Bioanimation dalam bentuk video YouTube DI SINI

  29. dadang dwi wahno permalink
    5 Juli 2010 23:54

    Sangat bermanfaat sekali…DAN LEBIH LENGKAP jika ada AHLI yang mampu membuat formula untuk menyembuhkan TANAMAN yang sudah terserang VIRUS TMV tersebut…….

  30. Agintara permalink
    4 Agustus 2010 19:12

    Thanx bwt artcelny,,
    q jdi lbh kbntu bwt ngrjain tgas..”_”,,

  31. 24 Agustus 2010 11:16

    makasih banyak infonya..
    sangat membantu tugas biology ku…

  32. vero permalink
    12 Desember 2010 20:46

    Bagusssssssssss…….

  33. nurul permalink
    11 Maret 2011 10:10

    k’, Q bingung ni dengan pernyataan virus trmasuk makhluk hidup ataukah benda mati???
    masukan nya ya k’…

  34. 16 Agustus 2011 19:49

    Makasih , buat tugas saya … TQ

  35. wiwy permalink
    14 September 2011 21:36

    kereN jgha nech….. :)
    klw info’a lebih dtmbh ge bsa donkz…..
    klw bsa,, ada pr biology,,, q cry dcne zha…hehe

  36. nitha permalink
    23 September 2011 06:46

    ternyataa belajarr biiologii menyenangkand bheuudtt

  37. melda permalink
    11 Oktober 2011 01:18

    mengapa virus disebuut metaorganisme???????????????????????

    @melda,
    Meta = peralihan, jadi metaorganisme adalah organisme perlaihan. Virus disebut metaorganisme, karena virus merupakan oragnisme peralihan dari benda mati ke benda hidup.

  38. dhimas permalink
    11 Desember 2011 20:42

    bakteriofage gambarnya kaya gmna sih…>

  39. arini pramesthi permalink
    27 Desember 2011 17:10

    virusss

  40. 27 Desember 2011 17:30

    bt kuliah mikrobiologi bsok

  41. yeni permalink
    28 Februari 2012 12:10

    waw.. kren bgt video ny
    thannks ya… bergna bgt ne buat gua
    oea,, low bisa translet ny pke b.indo dung, biar lebih mdah di mengerti

  42. arini permalink
    2 Maret 2012 19:29

    OK dah

  43. 8 Maret 2012 10:23

    makasih banyak buat videonya. tapi kalu bisa di indonesiakan donk bahasanya.

  44. Tia Zalia Btb permalink
    28 April 2012 20:02

    thanks ats infox ya :)

  45. agus permalink
    20 Mei 2012 16:05

    kak gabungan antara asam nukleat virus dengan asa nukleat bakteri apa yah ?
    mohon dibantu ya

  46. iksan permalink
    27 Agustus 2012 17:16

    80 nama virus serta penjelasannya?

  47. 30 Agustus 2012 10:21

    saya ingin bertanya, apakah virus dapat mengalami perubahan siklus hidup?
    jika terjadi perubahan siklus hidup pada virus dan virus tersebut merupakan penyebab penyakit,apa dampaknya,,????
    mohon bantuannya

  48. 17 September 2012 19:55

    thanks yax alhamdulillah bisa membantu aq untuk finishing my home work moga aq bzk bisa dpt nilai baguz amin ya robbal alamin……………….

  49. lely permalink
    13 Oktober 2012 20:07

    akhirnya tugas saya zlezay……….. thank’s you very much……..

  50. tya vindi permalink
    14 Oktober 2012 17:55

    baguus,.. i like this,. lebih di tingkatkan lg yaa,, berbagi ilmu itu baik,..

  51. kartini401@yahoo.co.id permalink
    29 November 2012 16:03

    mmm makasih yah atas jawabanya sangat berguna bangattttttt

  52. dhyfa itchi permalink
    19 Juni 2013 08:00

    keren blog’a…selain penjelasan ada video’a juga n nmbah doNG (paham)
    makasih,,ilmunya…. :)

  53. ryani ratu permalink
    25 September 2013 18:24

    keren :)
    boleh bantu donk tugas biology nya tentang cara memperbanyak virus di luar tubuh inang untuk di teliti, di tunggu sebelum hari jumat yaa, thanks

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: