Skip to content

Struktur dan Fungsi Sel

27 Agustus 2009
Sel Gabus

Sel Gabus (Sumber : biology.clc.uc.edu)

Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup. Setiap Organisme di dunia ini tersusun atas sel-sel yang saling berintegrasi membentuk suatu fungsi tertentu dalam tubuh makhluk hidup. Baik organisme tingkat seluler (Uniseluler) maupun organisme Multiseluler. Sel  pertama kali dikenalkan oleh Robert Hooke pada tahun 1665 yang mengamati jaringan gabus pada pada tumbuhan dengan menggunakan lensa pembesar. Gabus merupakan bangunan yang berlubang-lubang kecil seperti susunan sarang lebah yang dipisahkan oleh “diafragma“. Bangunan seperti sarang lebah ini selanjutnya disebut dengan Cell (sel).  Nama sel diambilnya dari bahasa Yunani “Kytos” yang berarti ruang kosong, sedangkan bahasa latin ruang kosong adalah “cella“.

Perkembangan teori tentang sel dimulai pada tahun 1839 sampai akhir abad XIX.

  1. Schleiden dan T. Schwann. Sel sebagai unit struktural terkecil makhluk hidup. Teori ini menjelaskan bahwa setiap makhluk hidup disusun atas sel-sel. Sel adalah bagian terkecil makhluk hidup yang menyusun makhluk hidup.
  2. Max Schultze. Sel sebagai unit fungsional terkecil makhluk hidup. Teori ini menjelaskan bahwa sel adalah bagian terkecil dari makhluk hidup yang melakukan fungsi kehidupan. Fungsi-fungsi kehidupan di dalam sel dapat ditunjukkan dengan adanya metabolisme sel dan pengaturan sel oleh nukleus.
  3. Rudolf Virchow. Sel sebagai unit pertumbuhan terkecil makhluk hidup. Sel sebagai penyusun terkecil makhluk hidup selain menjalankan suatu fungsi kehidupan juga mengalami pertumbuhan. sel dapat mengalami perpanjangan ukuran maupun perbesaran volume sel.
  4. Akhir abad XIX. Sel sebagai unit hereditas terkecil makhluk hidup. sel memiliki struktur yang dinamakan degan nukleus (inti sel). Nukleus memiliki peranan sebagai pembawa materi genetik (tersimpan sebagai molekul DNA) yang memiliki sifat diwariskan ke generasi sel selanjutnya.

Sel dapat digolongkan menjadi dua berdasarkan ada tidaknya membran nukleus (membran inti), yaitu sel prokariot, jenis sel yang tidak dilengkapi dengan membran inti contohnya bakteri dan ganggang alga biru (Cyanophita); dan sel eukariot, yaitu jenis sel yang memiliki membran inti contohnya sel hewan, tumbuhan, fungi.

Sel Prokariot

Bakteri sebagai organisme prokariotik yang merupakan organisme uniseluler memiliki struktur sel yang tidak memiliki membran inti. Struktur sel secara umum yang dimiliki oleh sel prokariot dapat kita lihat pada sel bakteri.

Struktur Sel Bakteri

Struktur Sel Bakteri

Nukleoid (Nukleus) atau inti sel berfungsi sebagai pengendali dan pengatur sel. seluruh aktifitas sel diatur oleh nukleus. Nukleus juga berfungsi sebagai pembawa informasi genetik yaitu kromosom, yang diwariskan ke generasi selanjutnya. Kromosom adalah struktur yang tersusun oleh molekul DNA dan protein (histon). Nukleus sel bakteri terpapar atau kontak langsung dengan sitoplasma karena tidak memiliki membran inti.

Cytoplasm (Sitoplasma) adalah bagian sel yang berisi cairan tempat berlangsungnya metabolisme sel. Kandungan terbesar dalam sitoplasma adalah air (80-90%).
Ribosome (Ribosom) merupakan struktur berupa butiran-butiran kecil yaang merupakan tempat sintesis protein. Protein disintesis atau dibuat dengan menggabungkan beberapa asam amino yang sesuai informasi genetik yang ada di molekul DNA. Ribosom berada di sitoplasma.
Cytoplasmic membrane (Membran Plasma) adalah lapisan di luar sitoplasma yang tersusun atas . Fungsi membran plasma adalah sebagai pelindung dan mengatur transportasi sel. Pengaturan transportasi sel dimasksudkan untuk mengatur keluar masuknya substansi ke dalam dan ke luar sel. Membran plasma juga berperan dalam penerima rangsang yang datang dari luar sel.

Membran sel pada sel prokariot mengalami pelekukan ke arah dalam membentuk struktur yang disebut mesosome (mesosom). Mesosom berfungsi sebagai tempat terjadinya respirasi sel sehingga dihasilkan energi yang akan digunakan untuk aktifitas di dalam sel.

Cell wall (Dinding Sel) adalah struktur pelindung kedua setelah membran plasma.

Capsule (Kapsul) adalah struktur pelindung sel ketiga setelah membran plasma dan dinding sel.

Pili (Bulu Rambut) berfungsi sebagai alat pelekatan sel bakteri pada suatu permukaan substrat atau benda.

Flagella (Flagel) berfungsi dalam pergerakan sel. Baik flagel dan pili disusun oleh mikrotubulus.

Sel Eukariot

Sel Eukariot memiliki struktur yang lebih komplek dibandingkan dengan sel prokariot. Sel eukariot memiliki membran inti yang memisahkan Nukleus dengan sitoplasma. Sel ini juga memiliki struktur endomembran yang disebut dengan Organel. Organel-organel sel eukariot memiliki fungsi-fungsi tertentu yang menunjang kehidupan sel eukariot. Macam organel yang dimiliki Sel eukariot antara lain :

  • Lisosom, Organel yang berperan dalam pencernaan sel. Organel ini mengandung enzim lisozim yang akan melisis bagain sel yang telah mati, rusak atau sudah tua.
  • Mitokondria, Organel yang berperan dalam respirasi sel. Respirasi sel bertujuan untuk mengahasilkan energi yang akan digunakan dalam aktivitas sel.
  • Aparatus Golgi, Oraganel yang berperan dalam sekresi produk, baik protein, polisakarida maupun lemak.
  • Retikulum Endoplasma (RE), organel yang berperan dalam sintesis produk. Ada dua jenis RE, yaitu RE kasar (RE yang di bagian permukaannya terdapat butiran ribosom) dan RE halus (RE yang tidak memiliki ribosom). RE kasar berfungsi untuk mensintesis protein, sedangkan RE halus berfungsi  dalam sintesis lemak dan sterol.
  • Plastida, organel yang mengandung pigmen (warna).
  • Vakuola, organel yang berfungsi  dalam penyimpanan cadangan makanan, minyak atsiri dan sisa metabolisme sel.
  • Mikrotubulus, organel yang memiliki struktur tabung. contohnya flagela (untuk pergerakan sel), silia (alat pelekatan sel) dan spindel (untuk pembelahan sel).
  • Mikrofilamen, oragnel yang memiliki struktur filamen (benang). berfungsi dalam pergerakan sitoplasma dan kontraksi otot.
  • Badan Mikro, ada dua macam badan mikro, yaitu Peroksisom (mengandung enzim katalase) dan Glioksisom (mengandung enzim katalase dan oksidase)
  • Dinding Sel, struktur selulolitik dan kitin yang berfungsi memberi bentuk sel dan sebagai pelindung sel.
  • Sentriol, organel yang berperan dalam pembelahan sel. Sentriol berfungsi menarik kromosom ke arah kutub yang berlawanan.

Sel Eukariot dibedakan atas sel hewan dan sel tumbuhan. Perbedaan yang mendasar antara kedua jenis sel tersebut adalah adanya beberapa bagian sel yang hanya dimiliki sel hewan (Sentrosom dan Lisosom) dan yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan (Plastida dan Dinding Sel). Berikut ini adalah video animasi yang menjelaskan perbedaan sel tumbuhan dengan sel hewan.

PERBEDAAN SEL TUMBUHAN DAN SEL HEWAN

STRUKTUR SEL HEWAN

STRUKTUR SEL TUMBUHAN

Penulis: farid fatkhomi

About these ads
85 Komentar leave one →
  1. Welly permalink
    3 September 2009 23:03

    Wah bagus nih buat nambah ilmu n bahan tgas dosen heheheheheeh

    @Welly
    Selamat datang di Word of Biology. Jangan lupa kasih saran dan masukan.
    thanks atas kunjungannya….

  2. alice permalink
    6 September 2009 16:33

    perkembangan teori sel dimulai dari thn brp? disitu ga ada tulisan thnnya..

    @alice
    sudah saya perbaiki.
    thanks atas koreksinya.
    salam

  3. zhia permalink
    15 September 2009 14:35

    siklus sel koq, , ,bukan seperti siklus seeh. . .truz jngn pake animasi donk klw gmbrnya.. .

    @zhia
    maaf zhia……, kayaknya di tulisan struktur dan fungsi sel saya tidak membahas siklus sel…., jadi memang bukan siklus sel. Pembahasan tulisan ini adalah tentang struktur sel dan fungsi masing-masing bagian penyusun sel. saya juga tambahkan perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan.

    thanks…..
    salam

  4. lani permalink
    17 September 2009 04:18

    keren!!!
    yg sintesis protein-nya ada gak??

    @lani
    thanks…
    ditunggu ya….

    salam

  5. ella permalink
    19 September 2009 03:17

    horeeeee tugas q akhirnya selse………………….

    @ella
    selamat-selamat…..
    semoga bisa membantu

  6. Umam damai permalink
    23 September 2009 11:59

    Keren-keren !

    @umam
    thanks…..

  7. Icha permalink
    4 Oktober 2009 08:16

    thx yaw bwt info nya..!

    ^_^

  8. iin permalink
    4 Oktober 2009 08:26

    wah….wah…wah
    Bagus banget, makasih karena isinya nolongin gue ngerjain tugas and pastinya nambah ilmu gue

    @iin
    yup…..semoga blog ini dapat bermanfaat buat semuanya.
    salam kenal

  9. Umboro Ngupadi Arto permalink
    4 Oktober 2009 15:09

    kak …
    bisa g bahasan tentang sel lebih didetail lagi

    @umboro
    yup…ditunggu ya…
    salam

  10. tn3 permalink
    6 Oktober 2009 08:46

    hemm…..
    thanks yaw…
    tugasQ akhrnya selesai

    @tn3
    terima ksih juga sudah berkunjung
    salam

  11. 6 Oktober 2009 08:47

    pkoknya makace buangettt dech…..?!?!?

    @tn3
    thanks atas doanya….
    yup…..semoga blog ini dapat bermanfaat buat semuanya.
    salam kenal

  12. laela permalink
    7 Oktober 2009 06:32

    subhanallah……kren bgt…! Bs bwt nambah pengetahuan…………………..
    tp yg khusus membhs septr ribosom N hubungnX dgn RE da ga’ ya????

    @laela
    thanks atas kunjungannya
    yup…..semoga blog ini dapat bermanfaat buat semuanya.
    ditunggu ya…

  13. dee permalink
    8 Oktober 2009 14:25

    makasi ya saya belajar dari blog ini thx

    @dee
    terima kasih juga sudah berkunjung

  14. aruen permalink
    9 Oktober 2009 12:00

    nama2 organel yakin sebanyak itu???

    saya diminta cuma ada 8

    yg organel yang mana?

    @aruen
    8 macam organel :
    Lisosom
    Mitokondria
    Aparatus Golgi
    Retikulum Endoplasmik
    Plastida
    Vakuola
    Sentrosom
    Badan Mikro

  15. Ridho permalink
    15 Oktober 2009 13:48

    Mantap surantap ! Sngt berguna buat gue ! @_@

    @ridho
    thanks atas kunjungannya
    salam

  16. dani rohyadi permalink
    16 Oktober 2009 15:12

    tq……. video luar biasa

  17. Fernando Tandayu permalink
    17 Oktober 2009 13:55

    Selamat malam Ka saya Nando ingin bertanya kalau perbedaan siklus sel Eukariot & Prokariot itu seperti apa ya? terima kasih.

  18. aruen permalink
    20 Oktober 2009 12:23

    makasih ya

    @aruen
    thanks atas kunjungannya
    salam

  19. 30 Oktober 2009 14:02

    good… ada ringkasan struktur sel dan fungsinya Ga?? ^_^ <3

    @iman
    kan uah ada di artikel itu….
    oke…
    salam

  20. Siti "Ima" Romawati permalink
    22 November 2009 07:28

    hmmmm….
    tHx bgT ia..jdI kbntU buaT nylEsEiN tgaS lapRan_kU
    _Ima

    @ima
    selamat datang di WORDBIOLOGY
    semoga bermanfaat.
    salam

  21. ina permalink
    17 Desember 2009 03:01

    bagus sih………..tapi gambarnya tidak bisa dibuka n bisa gak,tlg perbedaan membran dengan dinding sel berdasarkan gambarnya?

  22. sita permalink
    12 Januari 2010 06:27

    bagus nhe….
    jdinya gw bs ada bhan makkalh bio nhe

    he ….
    py,msh kurang????????????

    @sita
    terima kasih atas kunjungannya

  23. nadya permalink
    13 Januari 2010 13:35

    thanks ya,, tugas ku skarang slesai deh ….
    bnykin lagi informasinya ya !!

    @nadya
    terima ksih atas kunjungannya

  24. aDinda permalink
    20 Januari 2010 08:55

    keren

    @Adinda
    thanks…………

  25. 16 Februari 2010 13:12

    top markotop….

    mksih y????

    udh ngebantu bngeet…

    cihuuy…

  26. ajrin permalink
    8 Maret 2010 07:18

    maaaaaaakaaaaaaaaaaaciiiiiiiiiiie,,, kalembo ade!!!!!!!!!!!!

    @ajrin
    terima ksih juga atas kunjungannya…
    sering mampir ya… :-)

  27. 10 Maret 2010 05:34

    makasih Y mas artikelY

    shingga tugas q bisa selesai

    @mbah bejo
    terima ksih juga sudah berkunjung….
    salam…

  28. dita nurul aulia permalink
    19 Maret 2010 10:09

    makasih ea…dari sni q pasti dapat nilai bagus..
    se x lg thank’s…
    salam kenal…

  29. 22 Maret 2010 12:49

    thank’s yaH…….

  30. kevin permalink
    22 Maret 2010 13:32

    hebat banget….sumber pengetahuan nih….gak pusing lagi mikirin tugas

  31. 4 Mei 2010 21:22

    terima kasih atas kunjungannya…….
    semoga bermanfaat………..

  32. refki permalink
    19 Mei 2010 22:26

    thank ,,, udh bntu tgas gua

  33. suze permalink
    21 Agustus 2010 09:34

    great explanation!!..haha..makasih ya..byk membantu bgt…pnjlasan nya yg lebih mudah diambil intiny…oh ya,aparatus golgi t punya peran ekskresi g y?..

  34. rere permalink
    29 Agustus 2010 19:15

    mas farid…
    ya ampun ga nyangka ini mas farid yg nulis..
    hebattttt..
    aku pusing bgt bikin tugas ttg sel.
    ihhh jd pgn ketemu lgs sm mas farid trus nanya2..
    mas salam buat mba ika..
    dimana mas skrg???

    @rere
    saya sekarang di jakarta re…..
    mba ika juga di jakarta
    kalo mau ngobrol tentang biologi silahkan saja…
    kalau saya bisa bantu….
    kontak YM saja… :-)

  35. 13 September 2010 14:07

    GAK JELS

  36. thirah permalink
    31 Oktober 2010 21:44

    makasih banget dah bantu w buat tugas ttg sel
    apalagi tugas w pake persentasi segala……..
    alhamdulillah,,tugas w bisa slesai deh …. :)

  37. nina permalink
    5 November 2010 14:15

    like this

  38. charles permalink
    20 November 2010 15:08

    wah…bagus banget tu…thx ya…materi ini sangat membantu…:D

  39. varlye permalink
    31 Desember 2010 11:01

    mannttaaapp abiss,,,,, thanks a lot…

  40. 7 Januari 2011 10:01

    farid kmana ajah????qo blognya ga nambah2 lagi, sibuk yah…
    aku lagi nyari tentangs el juga, eh nemu

  41. agustin permalink
    31 Januari 2011 21:16

    maksih banget, ….. cz sangat membantu dlam meyampaikan materi …

  42. siti wardiyah permalink
    8 Februari 2011 18:59

    bagus banget bisa dong diajarin buat animasinya

  43. Desi Pramitha Simbolon permalink
    16 Februari 2011 21:23

    Bagus bangeett… mudah dimengerti en keren..!!!

  44. eni permalink
    19 Februari 2011 12:43

    makasih atas info nya…
    sangat membantu dalam menyelesaikan tugas…
    bagi orang yang tidak begitu tau tentang biologi akan sangat terbantu,dan merupakan ilmu baru yang didapat….
    semoga tetap exist dalam bidang ini..
    dan ngak bosan-bosannya dalam memberi ilmu baru..

  45. Nabila permalink
    20 Februari 2011 10:36

    Wah d sni ada semua..
    thx ya tugas jd selesai deh.. hahaha :D

  46. rara permalink
    23 Februari 2011 20:08

    bagaimna cara download video yang ada diatas..???

  47. windy permalink
    17 Juli 2011 13:12

    wah bagus banget jadi tambahan tuga sekolah nii,, :))

  48. korong permalink
    25 Juli 2011 15:00

    good

  49. govi permalink
    25 Juli 2011 19:10

    mantap,.,maksih ni dah bantu

  50. monna permalink
    28 Juli 2011 18:40

    tx xu bantuu!

  51. 20 September 2011 21:20

    masih kurang lengkap materi yang dibutuhkan…..dilengkapin dong!!!!!

  52. 21 September 2011 18:17

    ka..bisa tolong tambahin ..fungsi dari plasmid sama flimbria ..
    dari struktur sel bakteri di atas..

  53. 25 September 2011 17:33

    woww.. kerennn animasinyaaa….makasih dgn animasii tsb sayaa lebihh memahamii bagaiimana bentukk dan funsi serta perbedaan sel hewan dan manusiaa >>>>

  54. icna permalink
    26 September 2011 13:16

    Help me please!!

    1.Pernyataan yang benar mengenai virus adalah..

    a.merupakan sel prokariotik

    b.merupakan sel eukariotik

    cmerupakan informasi genetika yang di kelilingi protein

    d.merupakan sel primitif yang mengandung DNA,sitoplasma dan membran sitoplasma

    e.berkembang biak dengan membelah diri

  55. bahz_jhernadez permalink
    26 September 2011 21:06

    4 jempol…sangat membantu

  56. 27 September 2011 22:10

    Virus adalah aseluler (jadi untuk jawaban a, b dan d salah), untuk jawabn e. berkembang biak dengan membelah diri, kurang tepat, karena virus berkembang biak melalui daur hidup lisogenik dan litik (lihat artikel Virus), jadi jawaban yang mendekati benar adalah C. merupakan informasi genetika yang di kelilingi protein

  57. yatna permalink
    7 Oktober 2011 10:42

    thankzzzz yaw, v kurang lengkap to….hehehe

  58. 8 Oktober 2011 22:54

    Hmmee…
    Keep share gan.. :D

  59. 4 Desember 2011 14:39

    mana fungsinya dari masing-masing alga????

  60. arum permalink
    20 Januari 2012 19:59

    tanks ya buat informasi nya ……..

  61. Marsya Wewo permalink
    16 Februari 2012 09:08

    Singkat,padat, n jelas. Thx bro..

  62. 9 Maret 2012 14:10

    VideOnya bisa di download tdak..?

  63. nuers shofah permalink
    12 Maret 2012 12:44

    wah keren bangety……

  64. satrio permalink
    16 Maret 2012 16:22

    tau fungsi grandula ga ??
    kalo tau share jga donk .. :D
    thx before

  65. Dhea Chimut permalink
    26 Maret 2012 07:41

    Wahh bagus bagus..,
    saya senang waktu melihat ini..,
    soal’y ad tugas dari guru..,
    susah ntuk mncari’y akhir’y ketemu uqh..

  66. damiahuda23@yahoo.com permalink
    1 April 2012 18:16

    memang hebat ^__^..
    bole lrh..

  67. novaldi (purwokerto, jawa tengah) permalink
    15 Mei 2012 15:19

    terimakasih,,,???
    karena blog ini tugas ku selesaiiii….. :D

  68. Ulfah purnamasari permalink
    19 Juli 2012 18:22

    numpang nanya,
    mengapa sel dapt disebut sebagai unit fungsional terkecil pada makhluk hidup yah ?

  69. Tif permalink
    23 Juli 2012 19:05

    Bagaimana teori perkembangan membran sel?

  70. Tiara permalink
    24 Agustus 2012 10:46

    tolong bantu yaa..!!
    1.Jelaskan,Bagaimana Aktivitas Kehidupan Sel..?
    2.Sebutkan Fungsi Sel Pada Makhluk Hidup..?

  71. Imam permalink
    9 September 2012 21:06

    Cool, makasih tugasku jadi terselesaikan.
    Ada gak gambar bagan selnya?

  72. 21 September 2012 08:10

    bantuu yaaa..
    apa yang kalian ketahui tentang :
    a. sel sebagai unit struktural makhluk hidup
    b. sel sebagai unit fungsional

  73. yayan yulianto permalink
    21 Februari 2013 11:07

    bisa bantu gak kak?
    tentang organela sel tumbuhan dan hewan tolong ya kak…….

  74. 25 Februari 2013 10:06

    I love what you guys are up too. This kind of clever work and exposure!

    Keep up the excellent works guys I’ve added you guys to my own blogroll.

  75. 27 Maret 2013 14:19

    tetep gak ngerti juga aku.. -.-“

  76. lorize permalink
    11 Mei 2013 16:15

    kurang lengkap informasi_a………..
    harus_a d’jabarkan lge lbih rinci mengenai fungsi sel……

  77. dodi sitorus permalink
    2 Agustus 2013 19:33

    akhiry tgas aq slesai jga jdi ga sntuk gi donk

  78. Fany permalink
    4 September 2013 15:48

    Makasih infonya. Sukses slalu bro.

  79. 12 September 2013 16:00

    mekanisme kerja sel ada gak?

  80. Merry permalink
    12 September 2013 22:00

    Makasi ya atas informsiNy. N tgs biologi saya slesai…,,

  81. lukman permalink
    12 November 2013 18:44

    baguss………
    tapi yang organ, sistem organ, dan organismenya gak ada……
    gpp lah…..
    maksih

  82. Adinda permalink
    17 November 2013 16:06

    terima kasih kak..!akhirnya tugasku selesai juga.terima kasih untk bantuannya ya kak!!!!!!

Trackbacks

  1. Struktur dan Fungsi Sel « little fairy's Blog
  2. Struktur Sel « niarcatatan
  3. kalvary

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: