Skip to content

Kontraksi Otot

20 Januari 2009

ADeducation)

Gastrocnemius (sumber : ADeducation)

Otot rangka adalah masa otot yang bertaut pada tulang yang berperan dalam menggerakkan tulang-tulang tubuh. Otot rangka dapat kita kaji lebih dalam misalnya dengan mempelajari otot gastroknemus pada katak. Otot gastroknemus katak banyak digunakan dalam percobaan fisiologi hewan. Otot ini lebar dan terletak di atas fibiofibula, serta disisipi oleh tendon tumit yang tampak jelas (tendon Achillus) pada permukaan kaki.

Mekanisme kerja otot pada dasarnya melibatkan suatu perubahan dalam keadaan yang relatif dari filamen-filamen aktin dan myosin. Selama kontraksi otot, filamen-filamen tipis aktin terikat pada dua garis yang bergerak ke Pita A, meskipun filamen tersebut tidak bertambah banyak.Namun, gerakan pergeseran itu mengakibatkan perubahan dalam penampilan sarkomer, yaitu penghapusan sebagian atau seluruhnya garis H. selain itu filamen myosin letaknya menjadi sangat dekat dengan garis-garis Z dan pita-pita A serta lebar sarkomer menjadi berkurang sehingga kontraksi terjadi. Kontraksi berlangsung pada interaksi antara aktin miosin untuk membentuk komplek aktin-miosin.

www.colorado.edu)

Mekanisme Kontraksi Otot (Sumber : http://www.colorado.edu)

Kontraksi otot dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain :

  1. Treppe atau staircase effect, yaitu meningkatnya kekuatan kontraksi berulang kali pada suatu serabut otot karena stimulasi berurutan berseling beberapa detik. Pengaruh ini disebabkan karena konsentrasi ion Ca2+ di dalam serabut otot yang meningkatkan aktivitas miofibril.
  2. Summasi, berbeda dengan treppe, pada summasi tiap otot berkontraksi dengan kekuatan berbeda yang merupakan hasil penjumlahan kontraksi dua jalan (summasi unit motor berganda dan summasi bergelombang).
  3. Fatique adalah menurunnya kapasitas bekerja karena pekerjaan itu sendiri.
  4. Tetani adalah peningkatan frekuensi stimulasi dengan cepat sehingga tidak ada peningkatan tegangan kontraksi.
  5. Rigor terjadi bila sebagian terbesar ATP dalam otot telah dihabiskan, sehingga kalsium tidak lagi dapat dikembalikan ke RS melalui mekanisme pemompaan.

Metode pergeseran filamen dijelaskan melalui mekanisme kontraksi pencampuran aktin dan miosin membentuk kompleks akto-miosin yang dipengaruhi oleh ATP. Miosin merupakan produk, dan proses tersebut mempunyai ikatan dengan ATP. Selanjutnya ATP yang terikat dengan miosin terhidrolisis membentuk kompleks miosin ADP-Pi dan akan berikatan dengan aktin. Selanjutnya tahap relaksasi konformasional kompleks aktin, miosin, ADP-pi secara bertahap melepaskan ikatan dengan Pi dan ADP, proses terkait dan terlepasnya aktin menghasilkan gaya fektorial.

About these ads
39 Komentar leave one →
  1. 3 April 2009 02:45

    assignment anp

  2. 3 April 2009 02:48

    assignment anatomy and fisiology

  3. 4 April 2009 12:58

    thanks sudah berkunjung……
    segera request anda saya penuhi….

    salam
    farid

  4. dyah ayu sismami permalink
    23 April 2009 04:46

    saya minta data kintraksi otot yang lebih lengkap.
    terima kasih

  5. 30 Juni 2009 03:39

    wah…
    thanks informasinya tapi lebih lengkap donk gambaran kontraksi otot…..
    biar mudah mengerti…..

  6. anas permalink
    24 Juli 2009 03:17

    saya minta dikirim ke email saya, berserta videonya. thank’s

  7. putra permalink
    15 September 2009 09:39

    oke

    @putra
    oke..juga…
    thanks

  8. anak pinter permalink
    25 September 2009 03:31

    minta mekanisme kerja otot sama gambarnya !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    @anakpinter
    masih kurang ya…

  9. wiwin permalink
    6 Oktober 2009 13:55

    yang saraf perifernya juga donk..trus pengaruh pembebanan terhadap kekuatan kontraksi dan kerja otot…..

    @wiwin
    ditunggu ya….
    salam

  10. zee_zee permalink
    9 Oktober 2009 13:14

    pinteeeeeeeeeeeer nya…

    @zee-zee
    terima kasih atas pujiannya
    sering mampir ya
    salam

  11. Siparga permalink
    16 Oktober 2009 06:53

    Tlong q krmie mekanisme kerja otot beserta gmbrna….
    Pliez..

  12. andre saputra surachman permalink
    22 Oktober 2009 10:25

    thanks informasinya tapi bukan lebih lengkap gambaran kontraksi otot mungkin saya tahu maksudnya begini tapi ada urut-urutan kerja ototnya dong dari IMPULS sampai ke SARAF PUSAT CARA OTOT TERSEBUT MENERIMA IMPULSNYA YAH PLISS…….

  13. WAHYUDIN GORANG permalink
    22 Oktober 2009 13:56

    salam dari anak fisika new generation of UIN maulana maliki malang.salam uyeeeee,,,,,
    tolong kirimin tentang aktin dan miosin yang lengkap

    @wahyudin
    salam kenal juga

  14. 24 Oktober 2009 04:58

    Trims..usefull information…

    @nope
    your welcome

  15. essya permalink
    26 Oktober 2009 09:57

    makasiii ya…

    @essya
    sama-sama
    thanks juga dah berkunjung
    salam

  16. 4 November 2009 11:12

    THATS A GOOD LAH….
    THANKSSS

    @dion
    thanks atas ucapannya
    salam

  17. Jimmy permalink
    15 November 2009 17:30

    Emh . .
    Salam kenal . .
    Jim maxie SMA nich
    kira.Kira yg d atas uda kajian buad anak SMA blump ?

    @Jimmy
    salam kenal juga
    ada. kontraksi otot itu masuk kelas 11.

  18. Ryan Hidayat permalink
    18 November 2009 07:59

    So.. Thanx..

    @ryan
    your welcome…
    salam

  19. anna permalink
    19 November 2009 05:27

    tLg kRim k_FBq dUnk!!!
    tentang mekanisme petensial aksi,.

    mKch…..
    informnya sgt mmbntu…

    @anna
    artikel terkait : kontraksi otot dan sistem saraf
    salam

  20. bimo permalink
    11 Januari 2010 02:09

    sya mo tnya nih, klo kontraksi otot (isotonik) bwt berbeda sudut gmana yah?mis: dari 0 – 90 dan dari 0 – 30, itu apa beda nya yah?apa pengaruh nya pada golgi tendon organ & panjang otot serta kekuatan nya?
    thx

  21. 16 Februari 2010 12:52

    minta mekanisme kerja otot sama gambarnya , juga vidionya, trus kalau mekanisme spasme otot gambarannya bagaimana, kalau untuk meneliti alat ukurnya apa ya, pak. Trims sebelumnya dan mohon jawaban segera ke email saya ya pak,

  22. insar permalink
    15 Maret 2010 10:51

    minta video mekanisme kontraksi otot bleh nggak pak???????????? plese. bwt pemblajran……..

  23. ferdy permalink
    21 Maret 2010 13:34

    jadi yang kontraksi bagian mana ??
    A dan H ,A dan I,I dan Z,I dan H, atau Z dan H

  24. eva permalink
    11 Oktober 2010 19:39

    cari apa saja peran terhadap terjadinya kontraksi otot?

  25. trisia permalink
    10 Desember 2010 21:37

    thx y inform na,,,,,v masih belum ngerti niy mengenai sistem saraf pada oto tersebut,,,,kr” mekanisme nya spt apa y?????makasiiii……

  26. 21 Februari 2011 19:59

    thank’s infonya!!

  27. 18 April 2011 00:18

    wah bagus bgt tuh ulasannya,
    ada pnjelasan tentang otot yang terkena penyakit tetanus pada manusia gak?
    bagaimana cara penanggulangannya?
    terus ada penjelasan otot mencit yang terkena tetanus gak?
    tolong kirimin saya jawabannya beserta videonya ya.
    mksh bnyk y gan

  28. Riska permalink
    2 Agustus 2011 21:18

    Terima kasih atas infonya.
    tapi mungkin info ini dapat terus di update sehingga pengetahuan terus berkembang

  29. 24 September 2011 11:37

    :) saya butuh informasi tentang kontraksi otot

  30. reno permalink
    24 Oktober 2011 17:58

    nanya nih ya,
    peran kerja actin (aktin) dan miosin serta Ca2+ ATP dalam proses kontraksi otot?

  31. ayu dwi permalink
    12 November 2011 18:43

    minta penjelasan yang lebih singkat tentang kontraksi otot

  32. 24 Desember 2011 14:19

    aku minta hormon-Hormon apa aja yach yg mempengaruhi kontaksi otot.

  33. 12 Februari 2012 12:03

    kontarksi otot pada katak ada berapa banyak???

  34. ifan permalink
    13 Februari 2012 10:15

    lebih baik kalo di tambah daftar pustaka….

  35. angga21 permalink
    15 Februari 2012 18:15

    kontraksi otot pada katak ??

  36. meta permalink
    14 Maret 2012 15:10

    saya minta slide tentang kontraksi otot yaa,,,trimakasiihh

  37. 12 November 2012 05:38

    makasi atas informasinya ya

  38. nella anela permalink
    23 November 2012 11:01

    thank’s,, informasinya membantu..

Trackbacks

  1. KINESIOLOGI « Saifur_IK'07' Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: